Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » SEJARAH DESA

SEJARAH DESA

Kondisi geografis

Desa Batumalang masuk wilayah Kecamatan Cimerak dengan luas wilayah Desa Batumalang 1.251.050 hektar. Kepadatan penduduk sudah mencapai 3.000 lebih jiwa penduduk tetap. Jiwa pemilih terdaftar 1.800 0rang pada tahun 2013. Namun dari keluasan wilayah yang begitu potensial saat ini masih banyak sumber daya alam yang berpotensi belum digali saat ini. Letak Geografis desa Batumalang berada di wilayah selatan Kabupaten Pangandaran.

Keseharian masyarakat desa Batumalang adalah bercocok tanam, bertani, buruh tani, peternak sapi dan peternak Kambing, bangunan dan buruh yang lainya. Mengingat keadaan wilayah desa Batumalang persawahan 80 % dari luas desa Batumalang.

Disepanjang jalan raya dan Jalan Pedesaan tersebut masyarakat sudah aktif bertani menanam Padi dengan menggunakan cara yang baik. Namun hasil panen belum seutuhnya menemukan harga yang sebanding dengan pekerjaan tersebut. Kendalanya yang utama adalah naik turunnya perdagangan tanaman Padi terutama pada saat panen raya.

Jarak tempuh ke Ibu kota Kecamatan sejauh 6 Kilo meter dengan lama tempuh 15 menit. Jalan Raya / PUK sudah bagus karena telah di Perbaiki pada tahun 2009 sedangkan Jalan Desa menggunakan aspal . Ke arah selatan ( Desa legokjawa ) juga aspal sudah bagus dan dapat dilalui dengan kendaraan Roda Empat dan kondisi saat ini masih bagus. Jarak tempuh ke Ibu Kota Kabupaten ( Pangandaran ) sejauh 30 kilometer dengan lama tempuh sekitar 45 menit, jarak tempuh ke Ibu Kota Provinsi ( Bandung ) sejauh 275 kilometer dan jarak tempuh ke Ibu Kota Negara ( Jakarta ) sejauh 567 kilometer.

Desa Batumalang yang berdiri tahun 1982 sudah beberapa kali mengalami pergantian Kepala Desa, diantaranya :

NoNamaAlamatMasa JabatanPeriode
1AHDIALebaksari
2MUHIDINLebaksari
3DANUGadog
4TOTO SUHARTOCitarik5 tahun2008 – 2013
5JAJA JAEDISodong6 tahun2013 – 2019
6YUSUP TAJIRIGadog2019 –
Bagikan Artikel Ini Ke...

error: Content is protected !!